Mengenal Tuberkulosis, Gejala dan Cara Penyembuhannya

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit TB atau Tuberkulosis? Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan karena bakteri bernama Mycobacterium Tuberculosis. Tidak hanya menyerang pernafasan, tuberculosis juga menyerang tulang dan kelenjar. TBC adalah penyakit yang bisa menular bila Anda terkena percikan ludah dari penderita TBC. Penyakit ini akan lebih mudah menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Gejala Tuberkulosis
Ada beberapa gejala yang akan muncul bila Anda terkena penyakit ini. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Tidak nafsu makan
Bila Anda terkena penyakit ini, Anda akan mengalami gejala pertama yakni tidak nafsu makan. Anda akan merasa lemas dan tidak memiliki semangat untuk melakukan apapun. 

2. Berat badan turun
Hal yang paling signifikan terlihat saat Anda terkena TBC adalah berat badan turun. Biasanya, penyakit ini akan membuat Anda kehilangan banyak berat. Hal ini disebabkan karena Anda tidak memiliki nafsu makan sebelumnya. 

3. Nyeri dada
Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan terlebih dahulu, sehingga nyeri pada bagian dada pasti dirasakan oleh penderitanya. Nyeri ini akan cukup sering dirasakan oleh penderitanya. 

4. Berkeringat di malam hari
Ini adalah salah satu gejala yang membuat banyak orang merasa was-was. Bila Anda sudah merasakan gejala ini, segera periksakan diri ke dokter. 

Cara Menyembuhkan Tuberkulosis
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyembuhkan Tuberkulosis adalah datang ke dokter. Setelah datang ke dokter, Anda akan diperiksa melalui tes dahak. Untuk memperkuat diagnosa, Anda juga akan diperiksa melalui tes darah, tes kulit dan juga rontgen. 

Tuberkulosis bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sehingga Anda harus rutin meminum obat sesuai dosis. Waktu penyembuhan tuberkulosis ini biasanya selama 6 bulan. Tidak hanya meminum obat, Anda juga perlu untuk melakukan beberapa perawatan lainnya. 

Jagalah jarak dengan orang lain yang satu rumah dengan Anda. Gunakan peralatan makan dan peralatan lainnya agar tidak menularkan penyakit ini pada orang-orang sekitar Anda. Memakan banyak makanan sehat selama perawatan juga akan membantu Anda untuk segera sembuh. 

First