Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Akan dan Sedang Mengendarai Motor

Motor seringkali dianggap sebagai salah satu alat transportasi yang murah dan mudah untuk digunakan. Bodinya yang ramping membuatnya mudah untuk menyalip kendaraan lain ketika sedang macet. Bila Anda adalah salah satu orang yang menggunakan motor untuk melakukan kegiatan sehari-hari, tentu Anda harus berhati-hati dengan 4 kesalahan ini. Berikut ini adalah 4 kesalahan yang dilakukan saat akan dan sedang berkendara:

1. Malas Service
Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, Anda harus wajib memeriksa bagian-bagian motor. Mulai dari oli, bensin, ban atau bagian dalamnya. Hal ini sangat penting, terutama untuk keselamatan Anda sendiri. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini karena malas untuk melakukan service. 

2. Memanasi Motor Dalam Waktu Yang Lama
Memang sangat penting untuk memanasi motor setiap hari, tetapi itu hanya dalam waktu yang singkat. Menyalakan motor secara berlebihan dalam waktu yang lama akan membuat motor membuang terlalu banyak bahan bakar. Waktu yang ideal untuk memanasi motor adalah 1-2 menit saja, tidak perlu terlalu lama. 

3. Memaksa Tombol Electric Stater Terlalu Sering
Setiap motor pasti memiliki tombol electricnya sendiri-sendiri. Tetapi tahukah Anda bahwa memaksa tombol electric agar mau menyala bukanlah cara yang tepat untuk menyalakan motor. Cobalah menekan stater hanya 3-4 kali. Jika mesin masih tidak mau menyala, maka gunakan saja kick stater yang ada di bagian belakang. Bila hal ini terjadi, Anda perlu memeriksakan motor ke tempat service untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi. 

4. Menggunakan Kopling Di Jalan Berliku
Bagi Anda yang suka mengebut saat jalanan berliku, hal ini ternyata berbahaya untuk kesehatan motor Anda. Saat berada di jalanan berliku, Anda bisa mengurangi kecepatan gigi dan rem. Selain membuat motor menjadi lebih sehat, Anda juga akan lebih aman. 

4 hal diatas harus diperhatikan baik saat akan berkendara atau sudah berkendara. Jangan sampai Anda lalai dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Selalu lakukan service rutin untuk membuat motor dalam keadaan prima. Selamat berkendara. 

Previous
Next Post »