Pentingkah Punya Rumah Yang Besar?

Bagi sebagian orang, memiliki rumah adalah hal yang sangat diidam-idamkan. Meski demikian, harga rumah yang semakin melambung membuat banyak orang akhirnya ragu untuk melakukannya. Sayangnya, ada beberapa persepsi salah yang beredar di masyarakat tentang luas rumah. Banyak yang berkata bahwa memiliki rumah yang besar sangat penting. Apa benar?

1. Aspek Kenyamanan
Sebenarnya, hal ini tidak sepenuhnya salah dan benar. Sebuah rumah pada hakikatnya harus membuat semua orang yang tinggal disana merasa nyaman. Nah, tolak ukur kenyamanan inilah yang akhirnya membuat banyak orang merasa penting untuk memiliki rumah besar. Hal ini bisa disebabkan karena mungkin orang tersebut merasa nyaman untuk tinggal di rumah yang besar. 

2. Aspek Kesehatan
Rumah yang besar tentunya memiliki lebih banyak ruang dibandingkan rumah yang kecil. Hal ini seringkali diasosiasikan dengan sirkulasi udara yang ada di dalam rumah tersebut. Bila sirkulasi udara lancar, maka orang yang tinggal disana akan lebih sehat. Pernyataan ini benar adanya. Tetapi, bukan berarti rumah besar menjadi satu-satunya faktor penentu kesehatan seseorang. 

3. Faktor Lainnya
Berapa orang yang tinggal di rumah tersebut, usia berapa, apa kegiatannya dan beberapa hal lainnya termasuk dalam faktor selanjutnya. Misalnya saja, sebuah rumah dikatakan besar bila memiliki 4-5 kamar. Tetapi, pengertian ini berubah menjadi rumah yang kecil bila keluarga yang tinggal disana memiliki 7-8 anak. Hal ini membuat persepsi ‘rumah besar’ sebenarnya cukup rancu karena tidak ada patokan yang jelas. 

Tidak hanya itu, usia dan kegiatan orang yang tinggal disana juga sangat penting. Rumah besar identik dengan tempat yang luas. Tetapi, tempat tersebut tidak akan luas lagi bila dijadikan tempat penitipan anak karena ramai dan butuh banyak ruang. 

Nah, itu dia jawaban tentang pentingkah memiliki rumah besar. Sekali lagi, hal ini pasti tergantung pada orang yang akan tinggal disana. Kebutuhan dan keinginan setiap orang tentu berbeda-beda. Maka dari itu, alih-alih memilih rumah besar, Anda bisa memilih rumah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 

Previous
Next Post »