Kekurangan dan Kelebihan AC atau Air Conditioner

AC atau Air Conditioner merupakan sebuah alat yang banyak digunakan di kota bersuhu panas. Fungsi utama dari AC adalah untuk mendinginkan tubuh. Bila Anda ingin menggunakan atau membeli sebuah AC, tentu Anda tidak boleh hanya tahu kelebihannya saja. Anda perlu tahu kekurangannya juga. Untuk itulah, ini dia kekurangan dan kelebihan menggunakan AC:

Kelebihan

1. Mampu mendinginkan ruangan
Panas yang berlebihan dapat menyebabkan sengatan panas, yang mencegah tubuh menyesuaikan suhu dengan benar. Jika tidak segera ditangani, serangan panas dapat merusak otak dan organ vital lainnya. AC dapat membantu mencegah sengatan panas dengan menurunkan suhu.

2. Menyaring Udara
Pendingin udara membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. AC biasanya dapat menyaring debu, serbuk sari, dan alergen lingkungan lainnya. Selain itu, AC juga dapat menurunkan kelembapan untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut. Daerah yang memiliki kualitas udara kurang baik tentu membutuhkan AC. 

3. Meningkatkan Produktivitas
AC bisa meningkatkan efisiensi kerja. Selain itu dapat membantu Anda tidur dengan nyaman sehingga terhindar dari rasa lelah dan masalah lain yang berhubungan dengan kurang tidur.

Kekurangan

1. Bisa Memperburuk Penyakit
Perubahan suhu dan kelembapan yang tiba-tiba dapat memperburuk gejala penyakit pernapasan tertentu. Masalah ini sebagian besar dapat dihindari dengan mengaturnya ke suhu yang lebih tinggi dan kemudian secara bertahap menguranginya ke tingkat suhu yang lebih rendah.

2. Kulit Dehidrasi
Menghabiskan waktu berjam-jam di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan selaput lendir mengering dan mengiritasi. Kulit juga kehilangan kelembapan alami dan menjadi kering serta sensitif. Tentu Anda tidak ingin kulit menjadi cepat keriput bukan?

3. Tidak Ramah Lingkungan
Sebagian besar AC menggunakan Freon atau CFC, yang diketahui menyebabkan penipisan lapisan ozon. Namun, diketahui bahwa AC generasi baru dapat meminimalkan dampak tersebut, sehingga dampaknya terhadap iklim lebih kecil.

Itu dia kekurangan dan kelebihan AC. Setelah menilai dari dua sudut pandang, tentu kini Anda bisa memilih akan menggunakannya atau tidak.

Previous
Next Post »